0
Kasus HIV/AIDS di Biak Capai 1.600 Kasus
Ilustrasi HIV AIDS Papua (Tabloid Wani)
Biak, WANI/Jubi – Pengelola Program Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Daerah (KPAD) Biak Numfor, Surya Hari Wirawan mengatakan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Baik Numfor, per 30 November 2015 mencapai 1. 600 kasus, dengan HIV 749 kasus, AIDS 808 kasus dan meninggal dunia 345 kasus.

“HIV 749 kasus terdiri dari perempuan 412 kasus, laki-laki 348 dan tidak diketahui 34 kasus. Sedangkan AIDS 808 kasus, terdiri dari perempuan 439, laki – laki 351, tidak diketahui 18 kasus,” kata Surya Hari Wirawan ketika ditemui Jubi di Biak, Kamis (28/1/2016).

Tingginya kasus –kasus HIV/AIDS itu kata Surya Hari Wirawan disebabkan oleh perilaku seks berganti – ganti pasangan (Heteroseksual), transfusi darah, seks dengan pasangan sejenis yang sudah terinfeksi (Homoseksual), biseksual dan penyebab lain yang tidak diketahui.

“Perilaku seks berganti – ganti pasangan (Heteroseksual) 1.576 kasus, transplatasi 18 kasus, seks dengan pasangan yang sudah terinfeksi (Homoseksual) 3 kasus, transfusi darah 2 kasus, biseksual dan penyebab lain yang tidak diketahui 2 kasus,” jelasnya.

Strategi penanggulangan kata Surya Hari Wirawan terdiri atas pencegahan IMS, HIV dan AIDS, perawatan, pengobatan dan dukungan kepada ODHA, Surveiland HIV/AIDS dan IMS, penelitian dan riset operasional, penciptaan lingkungan tempat tinggal ODHA yang kondusif, koordinasi dan harmonisasi multi pihak, dan kesinambungan penanggulangan.

Terkait dengan kasus HIV/AIDS yang cukup tinggi Ketua Unsur Persekutuan Kaum Bapak (PKB) Jemaat GKI Korer Klasis Biak Selatan, Deddy Ronsumbre mengatakan pertahanan keluarga merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah HIV.

“Disini peran gereja cukup besar untuk memberikan pemahaman yang baik soal keluarga pada keluarga kristen di biak,”ujarnya.



Posted by: Marten Boseren
Copyright ©JujurBicara



Tolong berikan KOMENTAR anda tentang situs Kami...!!! Agar ada perubahan yang lebih baik lagi...!!!

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top