0
Jeniusnya Jokowi buat Harga di Wamena, Papua 50 Persen Lebih Murah
Wamena Papua
WANI/Hatree, Papua - Jalan tembus menuju Wamena, Jayawijaya ditargetkan rampung akhir tahun 2016. Presiden Joko Widodo yakin jalan ini akan memotong harga komoditas hingga separuh dari harga yang ada saat ini.

"Akhir tahun ini harus sudah tembus," kata Jokowi.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka Forum Rektor Indonesia 2016 di Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat (29/1/2016) malam.

"Kalau sudah tembus, (harga) jatuh separuh atau seperempat. Saya pastikan," imbuhnya.

Jokowi memberi contoh, harga bensin di Wamena bisa mencapai Rp 70 ribu per liter, semen Rp 800 ribu per sak, dan beras Rp 30 ribu per kilogram.

"Betapa tidak adilnya kita. Saya masuk ke mana-mana, naik mobil berhenti dan tanya (harga)," tuturnya.

"Akhir tahun ini harus sudah tembus. Jadi presiden enaknya perintah. Gabung Kementerian PU dan TNI, selesaikan. 3 hari mereka rapat, siap. Mereka siap," kata Jokowi.

Kepada para menterinya, Jokowi mengingatkan agar pembangunan infrastruktur tak lagi java centris. Namun Indonesia centris.

"Yang penting konektivitas. Kalau tidak, transportasi akan mahal, biaya logistik akan mahal. Kuncinya ya dibangun secepatnya, nggak ada cara lain," ulasnya.

Pembangunan Jalan di Wamena, Papua

Presiden Joko Widodo memerintahkan pengerjaan jalan tembus yang menghubungkan Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Duga sepanjang 170 kilometer dapat diselesaikan pada 2016.

"Kalau tidak tembus, saya marah ke Menteri PU," kata Presiden Jokowi dalam acara bakar batu bersama masyarakat Jayawijaya di Lapangan Pendidikan Wamena Kabupaten Jayawijaya, Rabu, 30 Desember 2015.

Hadir dalam kesempatan itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Presiden Jokowi menyebutkan, kehadirannya di Wamena merupakan yang kedua setelah kehadiran pertama pada 27 Desember 2014.

"Desember tahun depan, saya ingin lihat tembusnya jalan darat dari Wamena ke Duga. Kita harapkan dengan adanya jalan itu, harga-harga di Wamena dan wilayah pegunungan tengah Papua lainnya jauh lebih murah lagi," kata Presiden.

Presiden menyebutkan, sudah memerintahkan Menteri PUPR, agar tahun depan jalan itu tembus, dengan bantuan dari TNI.

"Memang medan berat, tapi kalau dibantu TNI, nanti aspal langsung masuk sehingga saya hadir tahun depan sudah bisa mencoba jalan darat," kata Presiden.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga berpesan pula, agar aparat pemerintah di daerah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo, mengatakan bahwa untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Jayawijaya sudah memiliki gedung berlantai tujuh yang dapat segera diresmikan penggunaannya.

"Dalam kesempatan ini kami juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah membangun terminal Bandara Wamena sehingga bermanfaat untuk masyarakat di kawasan tengah pegunungan di Papua," katanya menambahkan.
(wwp-ref-ref2)



Posted by: (wwp-ref-ref2)
Copyright ©Hatree

Post a Comment

 
Top