0
Dubes Amerika Sambangi Papua, Indonesia Taruh Kecurigaan
Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake (foto: Tempo/Natalia Santi)
WANI/HarianPapua, Manokwari - Duta besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O. Blake Senin (18/1) kemarin menginjakan kakinya di Manokwari untuk membahas beberapa agenda pembangunan di Papua Barat bersama Gubernur Abraham O Atururi.

Kunjungan ini sontak menarik perhatian banyak pihak terutama pemerintah pusat yang bertanya-tanya ada apa di balik kedatangan Blake ke Papua. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah bahkan menaruh curiga kedatangan Dubes Amerika ke Papua ada kaitannya dengan Freeport.

“Jadi begini ya, kemunduran Maroef Sjamsoeddin (Dirut Freeport) menurut saya, betapa pentingnya kita lakukan investigasi terhadap apa yang terjadi dengan Freeport. Ada permainan tingkat tinggi,” katanya di Jakarta hari ini, dilansir Sindo.

Tak cuma Fahri, kecurigaan terhadap kunjungan Dubes Amerika ke Papua juga datang dari salah satu wartawan senior Derek Manangka. Menurutnya lewat tulisan di laman RMOL, selama ini jarang ada agenda dari Dubes Amerika ke Papua, sehingga kunjungan kali ini perlu ‘diawasi’ pemerintah pusat.

“Baru sekarang Amerika mengirim diplomatnya ke Papua. Sementara Papua selama ini ramai diberitakan banyak mendapat gangguan dari kelompok separatis yang dicurigai memperoleh bantuan dari pihak asing,” tulis Derek Manangka.

Sementara itu, di sela-sela pertemuannya dengan Gubernur Papua Barat, Robert O. Blake menjelaskan dirinya ke Papua hanya untuk membicarakan masalah pembangunan infrastruktur dan pengelolaan dana otsus.

“Juga fokus terhadap isu konservasi dan pembangunan yang berkelanjutan,” ujarnya lewat seorang penerjemah.


Posted by: Rikardo Kaway
Copyright ©HaranPapua

Post a Comment

 
Top
close