0
Dinas Perikanan Papua Fokus Kembangkan Ikan Air Tawar
Ilustrasi, Ikan air tawar
WANI/BeritaSatu, Jayapura - Dinas Perikanan Provinsi Papua akan lebih fokus mengembangkan perikanan air tawar khususnya di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura pada 2016.

Kepala Dinas Perikanan Provinsi Papua Frengky Wally di Jayapura, Minggu, mengatakan potensi perikanan air tawar di Danau Sentani ini cukup besar sehingga menjadi perhatian serius pihaknya.

"Salah satu langkah yang akan kami ambil adalah meningkatkan produksi ikan-ikan asli Danau Sentani, sehingga berdampak kepada pendapatan bagi masyarakat di sekitarnya dengan bertambah dan berkembangnya spesies tersebut," katanya.

Menurut Frengky, untuk itu Dinas Perikanan akan membangun atau menebar sero atau burekheng (bahasa Sentani) di Danau Sentani, Jayapura dalam upaya meningkatkan budidaya perikanan di daerah tersebut. Sero adalah alat tangkap ikan dari susunan pagar-pagar yang akan menuntun ikan-ikan menuju perangkap "Program pembangunan sero atau burekheng ini merupakan kearifan lokal yang coba dikembangkan dan rencananya akan dibangun sebanyak 40 unit di sekitar Danau Sentani pada tahun ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, burekheng ini digunakan untuk ikan gabus Sentani, jika dalam enam bulan ke depan hasilnya cukup bagus, maka akan dikembangkan lebih banyak lagi.

"Dengan sistem burekheng ini, diharapkan ada pertumbuhan atau perkembangan ikan-ikan asli Danau Sentani, termasuk ikan endemik seperti ikan gabus Sentani," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk tradisi burekheng atau sero ini sudah jarang dilakukan oleh masyarakat di sekitar Danau Sentani, sehingga dengan pembuatan burekheng atau sero yang biasa dilakukan oleh setiap keret ini, dapat mengurangi ancaman kepunahan ikan-ikan asli Danau Sentani.



Posted by: PCN
Copyright ©BeritaSatu/Antara

Post a Comment

Silahkan beri KOMENTAR anda...!!! dibawa sini... :p

 
Top