Freeport Stop Tipu Masyarakat Dengan Dana CSR

Share Story

Freeport Stop Tipu Masyarakat Dengan Dana CSR
 Ilustrasi Demo Terkait Freeport di Halaman Kantor DPR Papua, Senin (13/3/2017) – Foto: Arjuna.

Jayapura — Ruben Magai, legislator Papua dari dapil pemilihan Mimika, Paniai, Deiyaia, Dogiyai, Intan Jaya dan Nabire menilai, selama ini PT Freeport Indonesia (PT FI) telah menipu masyarakat pemilik ulayat area penambangan dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR).


Ia mengatakan, tak salah jika kini berbagai pihak ingin masyarakat pemilik ulayat arena penambangan PT FI memiliki saham di tambang emas dan tembaga milik Amerika itu.

“Selama ini Freeport bayar satu persen kepada masyarakat pemilik ulayat. Nominalnya tidak menentu. Itu hanya untuk pengembangan masyarakat. Freeport mau berikan berapa nominalnya terserah perusahaan. Kini yang diminta berapa persen saham masyarakat adat dalam perusahaan. Bukan ditipu dengan dana CSR,” kata Ruben kepada wartawan usai menerima pendemo terkait Freeport di halaman kantor DPR Papua, Senin (13/3/2017).

Ruben menegaskan selama ini pemilik ulayat tak pernah dilibatkan dalam pembahasan Freeport. Pembahasan Freeport hanya melibatkan pemerintah pusat dan pihak perusahaan.

“Harusnya pemerintah, perusahaan dan masyarakat pemilik ulayat duduk bersama. Bagaimana masyarakat adat diberdayakan,” ujarnya.

Sedikitnya 100 orang dari berbagai kalangan, baik organisasi kepemudaan, perwakilan tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat melakukan demo damai di halaman kantor DPR Papua, Senin (13/3/2017).

Pendemo mendesak PT Freeport Indonesia (PT FI) tunduk terhadap UU Nomor 4 Tahun 2009 dan PP No 1 Tahun 2017 terkait mineral dan batu bara.

Di hadapan pendemo, Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, apapun keputusan dan kebijakan pemerintah pusat, Pemprov Papua dan DPR Papua sejalan dengan itu.

“Kalau hari ini Freeport harus ikut keputusan ini, kami DPR Papua harus sejalan. Posisi kami DPR Papua dan Pemprov Papua sama,” kata Yunus Wonda dihadapan pendemo. (*)

Copyright Ā©Tabloid JUBIHubungi kami di E-Mail: tabloid.wani@gmail.com

Tags

Share Article

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Related Posts

This is articles having same tags as the current post.